Minggu, 30 Oktober 2011

Buku : Kreasi Rajutan Cantik

Yup benar sekali, kali ini saya akan membahas sebuah buku karya salah satu master rajut di Indonesia Thata Pang. Buku nya berjudul Kreasi Rajutan Cantik
Sebenernya buku ini udah agak lama saya beli, harganya sekitar 38.000-40.000 (lupa harga pastinya berapa), Kalau dilihat dari keterangannya, buku ini udah beredar sejak tahun 2009.



Terus apa sih kelebihan buku ini?
di buku ini kamu bisa nemuin 2 macam cara merajut breien (knitting) kalau dalam bahasa Indonesia nya merajut dan teknik hakken (crocheting) atau biasa disebut merenda.
Di bagian pertama buku dijelaskan dengan singkat apa bedanya antara merajut dan merenda. Di bagian kedua diterangkan mengenai alat dan bahan apa saja yang biasa digunakan ketika merajut. Selanjutnya dibagian ketiga dan ke empat Teknik dasar hakken dan breien.

Nah dibagian utama buku ini ditampilkan 19 pola dari teknik hakken dan breien diantaranya pola blus, bros, aplikasi bunga, syal, topi, tas, pashmina, pembungkus kado, pita, sandal dan sarung tangan, plus dilengkapi dengan keterangan tingkat kesulitannya, misalnya tingkat 1 untuk pemula (beginner), tingkat 2 untuk pemula plus (beginner plus), tingkat 3 untuk menengah (average) dan yang terakhir untuk tingkat mahir (intermediate).

Salah satu kelebihan lainnya dari buku ini adalah, pola dijelaskan dalam bentuk tulisan dan gambar yang diterangkan dengan jelas (baik pola tulisan maupun gambarnya) sehingga mudah diikuti bagi pemula sekalipun.  Namun sayangnya, tidak dijelaskan gauge (ukuran) dari pola, yang menyebabkan kemungkinan hasil dari contoh dan hasil yang kita buat sendiri ada perbedaan ukuran. Tapi itu tidak menjadi kendala yang terlalu besar jika kita bisa menyiasati nya dengan variasi penggunaan jarum misalnya.
Buku ini juga dilengkapi dengan trips dan trik seputar merajut misalnya cara mencegah tusukan terlepas, cara membuat aplikasi tambahan di Rajutan.

Saya sendiri sudah mencoba beberapa pola Hakken tentu saja (karena saya belum begitu mahir dengan teknik breien) dan hasilnya memuaskan. Hasil percobaan saya juga sudah saya upload di blog ini sebelumnya, salahsatunya Scarf Kupu-kupu Khayalan.

So, bagi temen-temen yang baru belajar merajut, saya rasa buku ini wajib dipunyai. Selain untuk mencontoh pola yang ada di dalamnya, kita juga bisa menciptakan kreasi kita sendiri yang mungkin saja terinspirasi dari buku ini.

Happy Crochetting friends ^^
_IcHa_

6 komentar:

  1. mau tanya, saya ria. kalo mau beli buku tentang macam-macam tusukkan dimana ya...?? karena saya masih baru bgt. thx u...

    BalasHapus
  2. selamat pagi, saya ria. mau tnya untuk pembelian buku tentang macam-macam cara menjahit dmn ya?? ada recommend gag ya?? karena saya ,asih baru bgt... kebnyakkan sya dpt buku yang sudah mahir... dengan macam-macam tusukkan. thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi mba ria,,, kalau buku yang khusus tusukan2 saja, setahu saya belum ada. tapi kalau buku untuk pemula pasti ada lampiran bagaimana mengerjakan tusukan2 dasar dalam merajut. di gramedia banyak kok mba, di section bagian keterampilan.

      Hapus
  3. assalamu'alaikum mba....
    ada ga di youtube cara bikin rajutan kupu2? sy msh tahap belajar. ...baca dry bk panduan merajut msh agak bingung. .. trims

    BalasHapus
  4. asslmlkm mb Icha....
    adakah cara membuatkupu kupu rajutan di youtube ? sy kesulitan baca bk rajutan,maklum...msh pemula.Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba searching di youtube "theresa basic crochetting tutorial"

      Hapus